Afit Istiandaru S.Pd., M.Pd

Afit Istiandaru adalah staff pengajar (lektor) pada program studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Studi S1 diselesaikan pada tahun 2011 pada program studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan studi S2 diselesaikan pada tahun 2014 pada program studi Pendidikan Matematika di perguruan tinggi yang sama. Berbagai profesi pendidik matematika pernah dijalani, seperti menjadi tutor bimbingan belajar hingga tahun 2016, menjadi guru matematika SMP hingga tahun 2013, dan menjadi dosen pendidikan matematika hingga kini. Dengan fokus kepakaran di bidang pendidikan matematika realistik, beberapa karya yang dihasilkan dalam lima tahun terakhir di antaranya adalah buku teks matematika nasional untuk kelas 5 dan kelas 2 SD yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbudristek RI pada tahun 2022, serta artikel tentang kajian etnomatematika materi himpunan pada konteks wayang kulit yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi di tahun 2021. Selain itu, beberapa organisasi akademik maupun profesi juga diikuti seperti Perkumpulan Pendidikan Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PEMIMPIN), Indonesian Mathematics Educators Society (IMES), dan Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII). Afit Istiandaru is an assistant professor at Mathematics Education Department of Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia. He graduated with a bachelor's degree in mathematics education in 2011 and a master's degree in mathematics education in 2014 from Semarang State University. As a mathematics educator, he is experienced in tutoring mathematics for all levels of education from 2009 to 2016, becoming a mathematics teacher at a lower secondary school from 2011 to 2013, and becoming a mathematics lecturer from 2016 to the present. Focusing on his expertise in realistic mathematics education, he collaboratively wrote a national mathematics textbook for Grade 5 and Grade 2 primary school and a research paper about ethnomathematics of sets and Javanese puppets published in a highly reputable international journal. Besides, he is also involved in some academic and professional organizations such as Perkumpulan Pendidikan Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PEMIMPIN - Association for Higher Education Leadership Development ), Indonesian Mathematics Educators Society (IMES), dan Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII - Association for Indonesian Journal Editors).

  • Pendidikan Matematika S1
  • Pendidikan Matematika S1
  • S2-UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG-PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pencapaian Karier
  • Total Publikasi 3
Google Scholar
  • Total Citations 387

Tanggal Nama Pengabdian
2017-04-20 Pelatihan dan Pembimbingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar
2017-03-01 Workshop Perencanaan Pembelajaran (Silabus dan RPP) bagi Guru-Guru SMA/SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Gunungkidul
Tahun Judul
2017 Kualitas Laboratorium Media Pembelajaran Matematika pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD (Studi Pendahuluan Pengembangan Laboratorium Pendidikan Matematika UAD)
2017 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah English for Mathematics pada Prodi Pendidikan Matematika UAD
Tahun Judul
2017 Persepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Penggunaan Alat Peraga Manipulatif
2017 Krulik and Rudnik model heuristic strategy in mathematics problem solving
2015 Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Edumatica, 5(1): 1-11.

SMA N 1 BOJA

IPA

Jenjang SMU
Tahun Lulus 2007

SMP N 1 BOJA

Jenjang SMP
Tahun Lulus 2004

SD N 1 LIMBANGAN

Jenjang SD
Tahun Lulus 2001

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

PENDIDIKAN MATEMATIKA

Jenjang S2
Tahun Lulus 2014

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

PENDIDIKAN MATEMATIKA

Jenjang S1
Tahun Lulus 2011
Tahun Judul
2023 Preface: Proceedings of the 3rd Ahmad Dahlan International Conference on Mathematics and Mathematics Education 2021
PW Prasetyo, BA Nurnugroho, DE Wijayanti, A Hendroanto, A Istiandaru, ...
PROCEEDINGS OF THE 3RD AHMAD DAHLAN INTERNATIONAL CONFERENCE ON MATHEMATICS …, 2023
2023 Using context of local environment maps to develop lesson plan which foster mathematical literacy.
V Istihapsari, A Istiandaru, RS Wahyudi, Sukestiyarno, H Suyitno, ...
International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME) 7 (1), 35-44, 2023
2022 Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar
Z Apriliyani, V Istihapsari, A Istiandaru
Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) 6 (1 …, 2022
2022 Primary school teachers’ awareness on STEAM learning: A starting point to develop STEAM-CB textbook
U Khasanah, A Istiandaru, D Astuti, M Adnan, M Prihaswati
Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education 2 (1), 11-18, 2022
2022 Prototyping PISA-like Mathematics Problems for 8th-grade Students Using Javanese Context.
A Istiandaru, V Istihapsari
International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME) 6 (1), 2022
2022 Analyzing Junior High School Students’ Creative Thinking inMathematics Based on Self-regulated Learning
Z Apriliyani, V Istihapsari, A Istiandaru
Jrpipm 6 (1), 58-77, 2022
2021 Learning sets theory using shadow puppet: A study of Javanese ethnomathematics
RCI Prahmana, A Istiandaru
Mathematics 9 (22), 2938, 2021
2021 Kesulitan Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping
S Wahyuningsih, A Istiandaru
Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education 3 (2), 99-106, 2021
2021 Developing Number Theory Textbook for Pre-Service Mathematics Teacher of International Program.
RCI Prahmana, PW Prasetyo, A Istiandaru, U Isnaini, BA Nurnugroho
International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME) 5 (2), 2021
2021 Profil Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berdasarkan framework polya
LK Sa'diyah, A Istiandaru
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 5 (1), 19-28, 2021
2021 Mathematics literacy skills in pre-service teachers: What could they do?
A Istiandaru, PW Prasetyo, V Istihapsari
Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education 1 (1), 31, 2021
2021 The innovative learning of social arithmetic using realistic mathematics education approach
W Rahayu, RCI Prahmana, A Istiandaru
Jurnal Elemen 7 (1), 29-57, 2021
2021 Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa calon guru matematika menggunakan soal limit fungsi berbasis HOTS
S Sumargiyani, A Istiandaru, MA Ainurrahman
AdMathEdu 11 (1), 19-28, 2021
2021 Relationship among mathematics representation skills, mathematics anxiety, and problem-solving ability of 8th graders
D Krisnanto, A Istiandaru
International Journal on Education Insight 2 (2), 77-84, 2021
2021 Pelatihan dan pendampingan penyusunan soal matematika berbasis aplikasi MathCityMap bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta
A Istiandaru, A Prabowo
Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas …, 2021
2021 Peningkatan Pemahaman Konsep Wujud Benda Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Siswa Kelas Iii Sd Negeri 2 Purbayasa
D Rosanti, A Istiandaru, E Sulistiowati
2020 The Preface of the Second Ahmad Dahlan International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ADINTERCOMME) 2019
PW Prasetyo, J Purwadi, U Khasanah, S Fahmi, RCI Prahmana, ...
Journal of Physics: Conference Series 1613 (1), 011001, 2020
2020 We might need a little anxiety: A finding of the students' problem-solving on fraction operation
Y Purwasih, V Istihapsari, A Istiandaru
International Journal on Education Insight 1 (1), 13-20, 2020
2020 Pelatihan pembelajaran inovatif berbasis Mentimeter
A Istiandaru, A Prabowo
Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat; e-ISSN 2686, 2964, 2020
2020 MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEKERJAAN ORANG TUAKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SD N PENGABEAN 01 BREBES
AY Putri, A Istiandaru, E Sulistiowati
2020 Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas I Sd Negeri Lumingser 02 Melalui Model Pbl Berbantuan Media Interaktif Powerpoint
D Nurfitri, A Istiandaru, E Sulistiowati
2019 Learning differential calculus using self-regulated flipped classroom approach
A Istiandaru, F Setyawan, ASE Hidayat, V Istihapsari
Journal of Physics: Conference Series 1321 (2), 022134, 2019
2019 Developing an appropriate textbook for mathematics curriculum analysis course
V Istihapsari, A Istiandaru, SN Rohmah
Journal of Physics: Conference Series 1321 (2), 022133, 2019
2019 Pre-Service Teachers’ Skills in Analyzing the Mathematics Competency Based on Bloom Taxonomy
V Istihapsari, A Istiandaru, SN Rohmah
International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 3 (2), 117-128, 2019
2019 Thinking errors of pre-service mathematics teachers in solving mathematical modelling task
A Shodikin, A Istiandaru
Journal of Physics: Conference Series 1188 (1), 012004, 2019
2019 Improving logical thinking skills using HOTS-based mathematics teaching material
N Anriani, AS Pamungkas, K Iskandar, A Istiandaru
Journal of Physics: Conference Series 1188 (1), 012093, 2019
2019 Virtual simulation instructional training for students’ drop out of mathematical science digital entrepreneurs
FC Wibowo, DR Darman, H Abizar, SM Leksono, SRN Hodijah, ...
Journal of Physics: Conference Series 1188 (1), 012085, 2019
2019 Virtual media simulation technology on mathematical representation of sound waves
DR Darman, FC Wibowo, A Suhandi, W Setiawan, H Abizar, S Nurhaji, ...
Journal of Physics: Conference Series 1188 (1), 012092, 2019
2019 Developing collaborative mathematics learning model for students with intellectual disability
TY Pratama, C Rakhmat, A Wibawanto, SA Sidik, RF Abadi, YT Utami, ...
Journal of Physics: Conference Series 1188 (1), 012084, 2019
2019 Implementasi Self Regulated Flipped Classroom pada Mata Kuliah Kalkulus
F Setyawan, A Istiandaru
Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3 …, 2019
2019 Pelatihan Pengembangan Soal Matematika Bertipe HOTS
A Prabowo, A Istiandaru
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan …, 2019
2018 WORKSHOP TEACHING MATHEMATICS IN ENGLISH BAGI GURU-GURU SMP MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA
A Taram, A Istiandaru
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (3), 399-406, 2018
2018 How students solves PISA tasks: An overview of students’ mathematical literacy
A Hendroanto, A Istiandaru, N Syakrina, F Setyawan, RCI Prahmana, ...
International Journal on Emerging Mathematics Education 2 (2), 129-138, 2018
2018 Pengembangan perangkat perkuliahan English for Mathematics bagi mahasiswa pendidikan matematika
A Istiandaru, V Istihapsari, F Setyawan
2018 Pengembangan Perangkat Kalkulus Lanjut dengan Pendekatan Matematika Realistik
F Setyawan, S Sumargiyani, PW Prasetyo, A Istiandaru, V Istihapsari
2018 PENGEMBANGAN BUKU TEKS ANALISIS KURIKULUM MATEMATIKA SMP/MTS BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
V Istihapsari, A Istiandaru, F Setyawan
2018 MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DUSUN PLURUGAN DAN DONGKELAN BANTUL MELALUI PROGRAM JAM BELAJAR MASYARAKAT
A Istiandaru, R Nursabilla, D Kalmas, T Taupikurrahman
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1), 121-126, 2018
2018 Manipulatives and Question Series for Elementary School Mathematics Teaching on Solid Geometry
I Hidayah, Dwijanto, A Istiandaru
International Journal of Instruction 11 (3), 649-662, 2018
2017 WORKSHOP PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SMA/SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL
A Istiandaru, Sunaryo
Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2017, 129-134, 2017
2017 Visualizer’s representation in functions
F Setyawan, RCI Prahmana
Journal of Physics: Conference Series 943 (1), 012004, 2017
2017 Characteristics of manipulative in mathematics laboratory
A Istiandaru, V Istihapsari, RCI Prahmana, F Setyawan, A Hendroanto
Journal of Physics: Conference Series 943 (1), 012023, 2017
2017 Photography activities for developing students’ spatial orientation and spatial visualization
A Hendroanto, F van Galen, D Van Eerde, RCI Prahmana, F Setyawan, ...
Journal of Physics: Conference Series 943 (1), 012029, 2017
2017 WORKSHOP PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP BAGI GURU-GURU SMA/SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Sunaryo, A Istiandaru
Jurnal Pemberdayaan 1 (2), 441-466, 2017
2017 Krulik and Rudnik model heuristic strategy in mathematics problem solving
U Kusdinar, S Sukestiyarno, I Isnarto, A Istiandaru
International Journal on Emerging Mathematics Education 1 (2), 205-210, 2017
2017 PERMAINAN PASARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN
H Ulya, A Istiandaru
Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 1, 88-93, 2017
2017 STUDI KASUS KUALITAS LABORATORIUM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
A Istiandaru, V Istihapsari, H Fitriyani
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 3 (2), 214-222, 2017
2017 Persepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Penggunaan Alat Peraga Manipulatif
A Istiandaru, V Istihapsari
INSPIRAMATIKA 3 (2), 98-105, 2017
2014 PBL Pendekatan Realistik Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika
A Istiandaru, Wardono, Mulyono
Unnes Journal of Mathematics Education Research 3 (2), 64-71, 2014
2011 Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan E-Learning Mooddle terhadap Hasil Belajar dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA 1 Bae Kudus pada …
A Istiandaru
Universitas Negeri Semarang, 2011
0 Virtual simulation instructional training for students’ drop out of mathematical science digital entrepreneurs
L Nulhakim, A Istiandaru
0 PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 02 BANJARSARI PEMALANG
T Handayani, A Istiandaru, E Sulistiowati
0 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS …
AI Khotiroh, E Sulistiowati
0 PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD N TEGALOMBO 02 MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF
DP Kurniawan, A Istiandaru, E Sulistiowati
0 MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 5 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARAGUNG 01 KECAMATAN WARUREJA …
PN Eftaeni, A Istiandaru, E Sulistiowati